Salah satu suara burung yang pastinya sudah akrab dan tidak asing di telinga Anda tentunya adalah suara pernjak metrolagu. Burung pernjak memang sangatlah mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan burung ini terdiri dari berbagai macam jenis. Oleh sebab itu, ada baiknya jika terlebih dahulu kita ulas mengenai jenis-jenis burung pernjak untuk menambah wawasan.

Bagi Anda yang belum tau mengenai jenis-jenis burung pernjak, maka jangan lewatkan setiap bagian dari artikel ini. Langsung saja, ini dia lima jenis burung pernjak beserta penjelasannya.

  1. Pernjak Sawah

Jenis pernjak yang satu ini merupakan pernjak yang paling sering dijumpai oleh banyak orang, terlebih jika memiliki tempat tinggal di daerah dataran rendah. Warna dari burung ini sendiri adalah coklat menyerupai burung gereja.

  1. Pernjak Kepala Merah

Ini merupakan jenis pernjak yang paling menarik diantara jenis lainnya. Ciri utama jenis ini ialah warna kepala yang merah dan badannya yang mungil.

  1. Pernjak Lumut

Dinamakan pernjak lumut karena burung ini memiliki warna bulu bagian sayap, punggung, dan ekor yang berwarna hijau lumut. Sementara itu, bagian kepala berwarna merah dan perut berwarna abu-abu.

  1. Prenjak Tebu

Burung yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang relative lebih besar dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Prenjak tebu memiliki warna coklat dengan aksen bitnik yang menarik,

  1. Prenjak Abu

Bisa dikatakan bahwa jenis yang satu ini sangat mirip dengan prenjak kepala merah. Hanya saja, warna bulu pada badannya cenderung lebih abu-abu kegelapan.

Tentu tidak hanya yang telah disebutkan di atas, melainkan masih banyak jenis burung prenjak yang lainnya. Jenis burung prenjak yang lainnya adalah prenjak kebun, prenjak alang-alang, prenjak putih, prenjak emas, prenjak gunung, dan prenjak rawa. Adapun cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendengarkan kicauan dari semua jenis burung prenjak tersebut, ialah dengan cara mendengarkan ringtonenya. Anda cukup mengunduh secara gratis pada situsnya. Dalam hal ini, pililah ringtone suara prenjak yang sudah master agar lebih enak didengar.

Recommended Posts